<<:: SELAMAT DATANG DI BLOG KUDUS KOTA WISATA,JANGAN LUPA COMMENT DAN DI POLLING::>>

Selasa, 14 Desember 2010

Obyek Wisata Colo Kudus



Lokasi 

Obyek Wisata Colo Kudus terletak sekitar 18 Km ke arah utara dari pusat kota Kudus, tepatnya di kawasan Pegunungan Muria, Desa Colo Kecamatan Dawe Kudus. 


Ciri khas 


Pegunungan Muria, dengan ketinggian ± 1.602 m dpl (di atas permukaan laut); merupakan kawasan dataran tinggi yang terdiri dari beberapa perbukitan atau pegunungan, antara lain : Pegunungan Argo Jembangan, Pegunungan Argo Piloso, Pegunungan Rahtawu, 


Perbukitan Pasar Perbukitan Ringgit.
Di kawasan Obyek Wisata Colo terdapat beberapa tempat wisata yang menarik, yaitu
 

 Air Terjun Monthel
Air terjun dengan ketinggian ± 25 meter ini, dari Pesanggrahan Colo atau dari Masjid dan Makam Sunan Muria, dapat dicapai dengan berjalan kaki selama ± 30 menit menyusuri jalan setapak di tengah-tengah kebun kopi sambil menikmati udara yang segar dan sejuk serta panorama alam pegunungan yang asri dan indah.
Makam Sunan Muria 

Makam Sunan Muria (Syech R. Umar Sa’id, salah satu dari Wali Songo) menyatu dengan Masjid Sunan Muria terletak di salah satu puncak G. Muria.
 Makam Syeh Sadzali 
Menurut masyarakat setempat, Syeh Sadzali adalah murid Sunan Muria yang sangat setia mendampingi dan membantu Sunan Muria dalam menyebarluaskan agama Islam.
  Sumber Air Tiga Rasa
Di kawasan wisata “Rejenu” terdapat mata air / sumber air yang memiliki 3 rasa. Masyarakat setempat percaya bahwa ketiga jenis rasa air ini mempunyai khasiat yang berbeda jika diminum.

·  Sumber Air Pertama :
mempunyai rasa tawar-tawar masam (Jawa : anyep-anyep asem) yang bekhasiat dapat mengobati berbagai penyakit.

·  Sumber Air Kedua :
mempunyai rasa yang mirip dengan minuman ringan bersoda  yang bekhasiat dapat menumbuhkan rasa percaya diri dalam menghadapi berbagai permasalahan hidup.

·  Sumber Air Ketiga :
mempunyai rasa mirip minuman keras “tuak / arak” yang bekhasiat dapat memperlancar rezeki jika bekerja keras untuk mendapatkannya.Ketiga jenis air tersebut jika dicampur menjadi satu, rasanya menjadi air tawar.

 Bumi Perkemahan dan Wana Wisata “Kajar”
Obyek wisata ini terletak di kawasan hutan pinus, berjarak ± 3 Km ke arah selatan dari Obyek Wisata Colo, tepatnya di Desa Kajar Kecamatan Dawe Kudus.




Fasilitas


Di kawasan wisata Colo tersedia berbagai fasilitas, yaitu : Pesanggrahan Colo (sebagai tempat peristirahatan, penginapan, dan ruang berbagai jenis pertemuan / convention hall); lahan parkir mobil dan bus, musholla, warung makan, kios cindera mata dan MCK yang dikelola masyarakat setempat. 
Di kawasan wisata Colo, para pengunjung dapat menikmati makanan khas Colo, yaitu Nasi Pecel Pakis,  Ayam Bakar dan oleh oleh paling di sukai yaitu buah Parijoto. Sedangkan cinderamata khas Colo adalah Tongkat Colo dan Kayu pengusir tikus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar